V46R

https://www.youtube.com/channel/UCKAWA8omTAkRTNRqnGkPZ5w

Wednesday 27 August 2014

Artikel Cerita Kesehatan [ Merokok Dapat Merusak Masa depan ]



“_ROKOK PERUSAK MASA DEPAN_”

Udin    :” Suntuk nih, habis ujian enaknya ngapain ya ?”
Rendi  :” Kewarung aja, terus kita merokok.”
Deni    :” Wah, bener tu, asik kayaknya.”
Udin     :” Tapi, nanti kalau ketahuan Guru gimana ?, inikan masih jam istirahat sekolah?”
Deni    :” Gampang itu kita beli aja rokok diwarung, terus dibawa ke Toilet Sekolah. Pasti   ngak akan ketahua deh.”
Rendi  :” Bener tu!”
Udin    :” Yasudah, ayo kita beli rokok!”
Deni    :” ayo.”

1.     DEFINISI .
Itulah sekilas ilustrasi yang sekarang ini berkembang dikalangan remaja. Kita tentu sudah tahu bagaimana bentuk rokok itu. Rokok berbentuk silinder panjang yang berisi tembakau. Tapi, apakah kita sudah tahu pengertian rokok yang sebenarnya itu apa ?. menurut Wikipedia Indonesia, rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120mm dengan diameter sekitar 10mm yang berisi daun-daun tembakau kering yang telah dicacah.(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok).
Nah, dari situ kita tahu sebenarnya rokok itu apa. Banyak remaja-remaja kita terutama yang masih bersekolah diusia SMP sudah banyak yang merokok padahal mereka belum berusia 18 tahun. Di Televisi sudah ada iklan rokok bertuliskan ”18+” ,itu berarti orang yang sudah boleh merokok yaitu yang sudah berusia 18 tahun keatas. Tapi, kenyataan yang ada sekarang banyak remaja yang masih dibawah umur sudah merokok. Jika, saya pulang dari Sekolah pasti saya mendapati anak-anak yang merokok diwarung dan masih berseragam lengkap. Dalam hati saya berfikir apa sih enaknya merokok itu. Menurut saya, merokok itu adalah menghisap asap rokok dan asap itu masuk ke paru-paru. Maka akan merusak paru-paru tersebut. Tapi kok, masih ada remaja yang masih merokok. Apa tidak takut sakit apa?. Menurut Habib (16) siswa kelas 10 di salah satu SMK di Semin ini berpendapat bahwa rokok adalah benda yang menbuat orang kecanduan dan rokok terbuat dari tembakau yang dibakar  yang bercampur dengan Tar dan Nikotin.

Ia juga menuturkan bahwa merokok dikalangan remaja adalah suatu perilaku yang buruk. Karena, mereka masih dibawah umur dan akan merusak tubuh, akan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh seorang perokok, dan bisa menimbulkan kematian.
Menurut saya, Tar dan Nikotin adalah bahan campuran untuk membuat rokok dan bahan tersebut akan mengakibatkan ketergantungan pada perokok. Para produsen rokok didalam produksinya sudah dituliskan bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Para produsen sudah menuliskan itu, pasti mereka sudah tahu akan bahaya merokok. Tapi, kenapa mereka masih memproduksinya?. itulah pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab.

2.     BENTUK -BENTUK MEROKOK.
Banyak sekarang ini para remaja merokok dengan berbagai cara agar tidak ketahuan oleh Guru di Sekolah. Remaja sekarang sangat kreatif dalam membuat cara-cara merokok. Berikut adalah bentuk-bentuk merokok yang sekarang ini yang banyak dilakukan oleh para remaja dilingkungan Sekolah maupun diluar Sekolah.

A.    Sembunyi- Sembunyi.
Banyak dikalangan remaja yang sekarang ini merokok dengan sembunyi-sembunyi agar tidak diketahui guru di Sekolah. Contohnya, adalah sembunyi di Toilet atau di tempat yang sepi dan lorong-lorong yang jauh dari kantor Guru. Banyak dari mereka yang dari rumah sudah membawa beberapa batang rokok yang kemudian mereka sembuyikan didalam tas. Pada jam istirahat mereka pergi ketempat yang sepi untuk merokok. Saya pernah mendapati teman saya pada saat jam istirahat, mereka pergi kewarung untuk merokok dan pernah ketika itu, mereka ketahuan oleh Guru saat mereka merokok. Mereka pun dibawa kekantor Guru untuk mendapat hukuman dari BK.
B.     Melepas Seragam Sekolah.
Bentuk merokok yang kedua adalah melepas seragam sekolah. Banyak ditemui, para pelajar yang saat jam istirahat pergi kewarung yang berada diluar lingkungan Sekolah untuk merokok. Supaya tidak diketahui oleh Guru, para pelajar melepas seragamnya untuk menutupi identitasnya sebagai pelajar di Sekolah tersebut. Untuk menghilangkan bau rokok dimulut mereka, biasanya mereka makan permen agar nafasnya tidak bau rokok.
C.    Kumpul Dengan Teman-Teman Pada Malam Hari.
Para remaja biasanya pada malamhari suka kumpul-kumpul dengan teman-temanya dipinggir jalan untuk merokok. Banyak anak-anak usia dibawah 18 tahun sudah pada merokok. Padahal merokok itu berbahaya untuk kesehatan. Banyak saya mendapati anak-anak usia SMP, nongkrong dipinggir jalan sambil menghisap rokok dengan teman-temanya.
3.     PENYEBAB MEROKOK.
Berbagai faktor yang menyebabkan remaja saat ini kecanduan dengan rokok. Berikut adalah beberapa penyebab merokok yang terjadi pada remaja saat ini.

A.    Biar Keren.
Banyak remaja yang beranggapan bahwa kalau tidak merokok itu tidak keren dan kalau laki-laki tidak merokok itu tidak gentle. Padahal gentle dan keren itu tidak harus diwujudkan dengan merokok. Contohnya, berpenampilan yang keren tetapi sopan. Pemikiran inilah yang sulit dihilangkan oleh para remaj karena sudah menjadi trend di kalangan remaja saat ini.

B.     Sanksi Tidak Terlalu Berat.
Di Sekolah, sudah ada tata tertib yang melarang siswanya untuk merokok. Tetapi,  banyak siswa yang melanggar tata tertib tersebut karena sanksinya tidak terlalu berat. Contohnya, sanksi hanya disuruh untuk menulis kalimat saya tidak akan merokok sebanyak 100 kali atau hanya digundul rambutnya.

C.    Pengaruh Lingkungan.
Pergaulan remaja yang sekarang ini banyak menjerumus ke hal-hal yang negatif. Remaja sekarang, jika kumpul dengan teman-temannya yang merokok pasti ikut merokok. Karena, dianggap jika tidak ikut merokok ia tidak setia kawan.

D.    Kurang Bimbingan.
            Orang tua yang tidak memperhatikan pergaulan anaknya bisa mengakibatkan anak tersebut bisa terjerumus kepergaulan yang negatif. Bisa juga anak yang jauh dari orang tua, misalnya, anak yang bersekolah diluar daerah tempat tinggalnya dan ngekos. Rentang sekali anak tersebut teerjerumus kepergaulan yang negatif.

4. AKIBAT MEROKOK.
Banyak  berbagai akibat yang dapat ditimbulkan oleh merokok yang kebanyakan berakibat negatif. Terutama orang yang masih dibawah umur. Berikut adalah penjelasannya.

A. Kesehatan.
                  Merokok dapat menganggu kesehatan kita contohnya kesehatan paru-paru. Seorang perokok akan mengalami kerusakan paru-paru jika asap rokok itu masuk keparu-paru. Berbagai iklan rokok dan bungkus rokok sudah dituliskan akibat rokok, yaitu kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Namun, sekarang tulisan akibat rokok itu sudah diganti dengan “ Merokok Membunuhmu”. Tetapi, kenapa masih banyak remaja yang merokok padahal mereka sudah tahu akan akibat merokok. Selain akibat diatas ada akibat lain, yaitu mudah lelah. Tubuh seorang perokok pada saat lari akan cepat lelah dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Akibat lainnya adalah dari segi penampilan. Saya pernah membuka web yang berisi tentang 10 macam kerusakan pada penampilan akibat merokok diantaranya adalah kantong bawah mata agak kebiru-biruan, kulit bersisik dan kemerah-merahan, gigi kuning, penuaan dini dan keriput, jari kuning, rambut tipis, terdapat bekas luka, gigi rusak, hilangnya aura alami dan penyembuhan luka lama.(sumber: http://www.beritaunik.net/unik-aneh/10-dampak-buruk-dari-merokok-yang-dapat-merusak-penampilan.html)

B. Menghabiskan Uang.
                  Jika kita merokok maka kita semakin boros, karena untuk membeli rokok. Bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk membeli rokok yang pada akhirnya akan menjadi abu dan hanya meninggalkan penyakit. Daripada untuk membeli rokok mendingan uangnya bisa ditabung untuk membeli kebutuhan yang diinginkan.

5. SOLUSI
A. Memberi  Sanksi Yang Lebih Berat.
                  Agar para siswa bisa jera dengan merokok di Sekolah, pihak sekolah harus member sanksi yang lebih berat pada siswa yang merokok. Contohnya memberi skorsing selama 2 minggu atau yang lainnya.

B. Tidak beranggapan Keren Itu Harus Merokok.
                  Kita sebagai remaja harus menghilangkan anggapan keren itu harus merokok. Banyak hal yang dapat membuat keren selain merokok.

C. Jika Ada Teman Yang Merokok Lebih Baik Menjauh.
            Lebih baik menjauh dari pada kita malah ikut-ikutan merokok nantinya. Jika dibilang tidak setia kawan maka cuek saja, toh masih banyak teman yang lebih baik dari itu.

D. Tidak Coba-Coba.
              Jangan sekali kali kita mencoba untuk merokok, karena jika kita sudah mencoba sekali rokok itu, pasti kita ingin mencoba lagi dan lagi. Sampai akhirnya kita menjadi kecanduan. Hal itu disebabkan karena rokok menyebabkan orang yang memakainya akan kecanduan.

E. Menambah Pengawasan.
            Bagi orang tua, agar menambah pengawasan pergaulan anak-anaknya supaya tidak merokok. Lebih baik menyekolahkan anak disekolah yang dekat dengan rumah agar mudah mengawasinya.

F. Sosialisasi.
                  Kepada pihak yang terkait dengan hal ini, supaya lebih memperbanyak  sosialisasi tentang bahaya rokok kepada para murid di Sekolah agar kebiasaan merokok di kalangan remaja dapat berkurang atau mungkin malah bisa hilang.

            Banyak orang meninggal akibat rokok karena rokok termasuk dalam narkoba dan narkoba adalah salah satu barang yang sangat berbahaya. Jadi, mulai sekarang berhentilah merokok. SAY NO TO DRUGS.





(Hendri Sulistiyo_ Smk Muhammadiyah Semin)

0 comments :

Post a Comment